Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Nomor 5 Wajib Tahu!

Bulan puasa adalah bulan yang banyak di tunggu-tunggu banyak orang. Di bulan ini, umat muslim bersuka cita karena bisa lebih memanfaatkan waktu untuk beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan. Tetapi, untuk beberapa orang, berpuasa menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan terutama untuk penderita asam lambung.

Berbalik dengan hal tersebut, dalam sebuah penelitian, di buktikan bahwa, berpuasa justru bisa menjadi terapi penyembuhan untuk asam lambung. Akan tetapi, puasa yang di jalani haruslah memperhatikan beberapa hal. Berikut tips puasa untuk penderita asam lambung :

1. Menghindari Makan Secara Berlebihan

Setelah tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama hamper 14 jam, pasti kita merasa sangat lapar. Rasa lapar yang teramat itu, biasanya membuat seseorang mengonsumsi makanan berbuka puasa dengan porsi yang berlebihan. Bagi penderita asam lambung, setelah lambung kosong dalam waktu lama, mengonsumsi makanan terlalu banyak pasti akan membuat kerja lambung kaget, bahkan bisa memicu kambuhnya asam lambung. Olah karena itu, sebaiknya kamu makan dengan porsi kecil tapi sering, setelah waktu berbuka sampai malam hari.

2. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Saat kamu sedang sahur atau berbuka, sebaiknya kamu mengunyah makananmu secara perlahan. Hal ini akan memicu otak untuk mengirim sinyal, jika kamu sudah makan dan juga sinyal jika kamu sudah kenyang

3. Menghindari Makanan Asam, Pedas, dan Berminyak

Ketika kamu berbuka puasa, pasti keinginanmu untuk mengonsumsi banyak jenis makanan akan meningkat. Tapi perlu kamu ingat, kamu harus menhindari makanan pemicu kambuhnya asam lambung. Oleh karena itu, penting buatmu untuk menghindari makanan asam, pedas, dan berminyak saat berbuka puasa.

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Setelah kamu mengonsumsi hidangan sahur dan berbuka, umumnya kamu akan merasa kantuk yang tidak tertahan. Tetapi untukmu penderita asam lambung, tidur setelah makan akan memicu naiknya asam lambung. Sebab itu, sebaiknya kamu memberi jeda antara makan dengan tidur sekitar satu sampai dua jam.

5. Mengonsumsi Nutriflakes Saat Sahur dan Buka Puasa

Waktu sahur dan berbuka adalah waktu yang tepat untuk mengisi nutrisi, sebagai rahasia GERD sembuh dengan puasa. Saat ini sudah hadir nutriflakes, superfood kaya nutrisi yang dapat menggantikan makanan utama dan terapi kesehatan.

Nutriflakes mengandung bahan aktif utama umbi garut, daun kelor, dan psylium husk. Mengandung bahan tambahan lain seperti gula aren, susu kambing etawa, madu, krimer dan perisa sintetik vanilla. Paduan antara umbi garut dan psyllium husk yang bersifat kental, mampu melapisi dinding lambung secara perlahan, sehingga baik untuk pengobatan asam lambung.

Itulah beberapa tips puasa untuk penderita asam lambung. Semoga bermanfaat.

Jika kamu tertarik untuk memesan nutriflakes, info selengkapnya kamu bisa klik https://nutriflakes.co.id/nutriflakes-terapi-asam-lambung/

Tinggalkan komentar

logo nutriflakes

Contact

Mantrijeron
Yogyakarta


Contact Us

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.