Rahasia GERD Sembuh dengan Puasa

Bagi seorang penderita asam lambung (GERD), berpuasa mungkin saja menjadi hal yang mengkhawatirkan, karena tubuh hampir 14 jam tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman.

Sebuah sebuah penelitian pada tahun 2016 dan telah terbit dalam Acta Medica Indonesiana – The Indonesian Journal of Internal Medicine, menyebutkan bahwa pengidap GERD yang menjalani puasa mengaku merasakan keluhan GERD yang lebih ringan di bandingkan mereka yang tidak berpuasa.

Lebih lanjut, meskipun berpuasa bisa menjadi terapi penyembuhan GERD, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan selama berpuasa, di antara adalah :

1. Tidak Melewatkan Sahur

Jika kamu melewatkan makan sahur, bisa mengakibatkan kondisi asam lambung bisa semakin parah di siang hari. Hal ini karena lambung dalam kondisi kosong di waktu yang lama. Jadi, sebaiknya kamu mengusahakan untuk bisa bangun tepat waktu agar bisa makan sahur. Lebih lanjut, makanan yang masuk ke dalam lambungmu saat  makan sahur, juga bisa mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Berbuka Puasa Tepat Waktu

Setelah lambung tidak terisi makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam, kamu perlu segera mengisi nya dengan sumber makanan. Jangan sampai menunda-nunda untuk makan saat berbuka puasa, karena lambung harus segera terisi oleh nutrisi kembali. Setelah lambung terisi, maka produksi asam lambung bisa langsung di gunakan untuk mengolah makanan yang masuk.

3. Makan dengan Perlahan

Keinginan untuk segera makan saat berbuka pastilah tinggi. Tapi, hal ini jangan sampai membuatmu buru-buru dalam melahap menu buka puasamu. Sebaiknya kamu makan dengan perlahan, dan mengunyahnya dengan baik. Saat kamu tidak mengunyah makanan dengan baik, hal tersebut bisa memicu asam lambung meningkat. Jadi, makanlah dengan perlahan, sehingga kamu bisa mencegah asam lambung naik.

4. Makan dengan Porsi Kecil

Saat berbuka, pasti kamu sudah merasa sangat lapar. Meski begitu, jangan berbuka dengan porsi yang langsung besar. Hal ini tidak lain karena lambungmu perlu waktu untuk mencerna makanan. Makan dengan porsi banyak,justru memicu naiknya asam lambung.

5.  Mengonsumsi Asupan Tinggi Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka

Waktu sahur dan berbuka adalah waktu yang tepat untuk mengisi nutrisi, sebagai rahasia GERD sembuh dengan puasa. Saat ini sudah hadir nutriflakes, superfood kaya nutrisi yang dapat menggantikan makanan utama dan terapi kesehatan.

Nutriflakes mengandung bahan aktif utama umbi garut, daun kelor, dan psylium husk. Mengandung bahan tambahan lain seperti gula aren, susu kambing etawa, madu, krimer dan perisa sintetik vanilla. Paduan antara umbi garut dan psyllium husk yang bersifat kental, mampu melapisi dinding lambung secara perlahan, sehingga baik untuk pengobatan asam lambung.

Itulah beberapa yang mesti kamu perhatikan agar GERD sembuh dengan puasa.

Jika kamu tertarik untuk memesan nutriflakes, info selengkapnya kamu bisa klik https://nutriflakes.co.id/nutriflakes-terapi-asam-lambung/

Tinggalkan komentar

logo nutriflakes

Contact

Mantrijeron
Yogyakarta


Contact Us

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.