8 Makanan Penurun Asam Lambung Pasti Aman di Perut

Bagi kamu penderita maag dan GERD dianjurkan sering mengonsumsi makanan penurun asam lambung. Langkah ini paling efektif untuk mencegah kenaikan asam lambung maupun pergesekan asam lambung yang memicu rasa nyeri pada ulu hati.

Makanan penurun asam lambung

Lantas, apa saja makanan tersebut? Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk mengatasi asam lambung!

1. Putih telur

Putih telur makanan yang dapat membantu mengatasi sakit maag karena memiliki kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak. Telur putih yang baik untuk kesehatan lambung seperti telur rebus, omelet telur [utih, telur dadar, hingga smoothie buah yang dicampur dengan telur putih.

2. Pisang

Pisang merupakan pilihan makanan yang baik karena buah ini mengandung zat alkaloid yang dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung. Namun, efek pisang dalam menurunkan asam lambung mungkin berbeda-beda pada setiap individu.

3. Jahe

Jahe dipercaya dapat membantu meredakan gejala asam lambung karena memiliki sifat antiinflamasi dan antiasam. Siapa sangka jika bahan makanan yang mudah ditemukan di dapur ini membantu menetralkan kelebihan asam lambung dan mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi tersebut. Cara paling mudah mengonsumsi jahe adalah dengan menyeduh air panas dan memasukkan jahe yang telah digeprek.

4. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat mengurangi produksi asam lambung. Selain itu, sayur ini juga mengandung serat tinggi yang membantu mengendalikan kadar asam lambung. Mengonsumsi ini secara rutin juga bisa menguntungkan tubuh secara keseluruhan, seperti mengendalikan gula darah dan menurunkan kolesterol.

5. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya memiliki manfaat sebagai sumber energi yang baik dan mengandung serat tinggi, tetapi juga diketahui dapat membantu mengurangi masalah lambung bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki sifat menenangkan dan melapisi dinding lambung, sehingga dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi produksi asam lambung berlebih.

6. Yoghurt

Penderita penyakit maag dianjurkan konsumsi yoghurt. Yoghurt merupakan jenis makanan yang bersifat asam lemah dan mengandung probiotik, bakteri baik untuk membantu menjaga keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Asam laktat yang membantu menetralkan kelebihan asam lambung yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri ulu hati, mual, hingga muntah. 

Namun, penting untuk memilih yoghurt yang rendah lemak dan tidak mengandung tambahan gula. Hindari rasa buah yang tinggi gula karena gula dapat memperburuk gejala asam lambung. Sebaiknya konsumsi yoghurt plain atau plain Greek yoghurt dan tambahkan buah segar atau madu sebagai pemanis alami.

7. Kembang kol

Kembang kol tidak secara langsung mengatasi gejala asam lambung, namun konsumsi kembang kol secara umum dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan refluks asam pada lambung. Sayuran ini mengandung serat yang tinggi, rendah kalori, dan antioksidan. Konsumsi makanan yang tinggi serat seperti kembang kol dapat membantu mengendalikan asam lambung karena serat dapat membantu menyerap kelebihan asam lambung.

Kembang kol juga mengandung senyawa sulfur yang diketahui memiliki efek detoksifikasi dalam tubuh. Senyawa sulfur dalam kembang kol dapat merangsang produksi enzim detoksifikasi dan membantu melindungi tubuh dari peradangan yang bisa memperburuk kondisi lambung.

8. Gandum

Gandum dapat membantu menurunkan asam lambung karena kandungan seratnya yang tinggi. Makanan ini bagus dikonsumsi sebagai pengganti sarapan pagi. Makanan gandum yang paling mudah ditemukan adalah roti gandum dan biskuit gandum. 

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, Anda juga perlu menghindari makanan asam dan makanan pedas. Sebab makanan tersebut memicu gejala naiknya asam lambung. 

Obat asam lambung atau sakit maag

Sakit maag yang memicu asam lambung naik hingga kerongkongan kerap membuat Anda merasa tidak nyaman. Apalagi dibarengi dengan nyeri pada ulu hati hingga muntah.  Namun, Anda tidak pelru khawatir, untuk mengurangi gejala tersebut terdapat cara yang paling mudah yaitu mengganti sarapan dan cemilan dengan sereal Nutriflakes.

Sereal Nutriflakes adalah asupan untuk mengatasi asam lambung. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti umbi garut, daun kelor, susu etawa, dan psyllium husk. Masih ada banyak manfaat lain dari Nutriflakes, seperti mencegah naiknya asam lambung, mengatasi GERD, dan membantu turunkan berat badan.

Tinggalkan komentar

logo nutriflakes

Contact

Mantrijeron
Yogyakarta


Contact Us

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.