5+ Fakta Lambung Luka atau Tukak Lambung

Maag atau asam lambung kerap dihubung-hubungkan dengan lambung luka. Padahal lambung luka bisa menandai beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti lambung terluka karena selaput atau mukus yang melindungi bagian tersebut mengalami pengikisan lapisan.

Tukak lambung

Tukak lambung adalah luka lambung yang menyebabkan rasa nyeri pada area lambung yang memicu gejala mual, muntah, hingga nyeri ulu hati. Kondisi ini bisa terjadi apabila asam lambung merusak lapisan dinding lambung atau usus kecil.

Tukak lambung merupakan salah satu penyakit akibat lambung luka yang sering dialami banyak orang. Apabila Anda mengalami penyakit ini sebaiknya konsumsi makanan yang tidak memicu kondisi lambung semakin parah.

Gejala lambung luka

Berikut adalah beberapa gejala lambung luka:

  1. Perut kembung
    Gejala paling umum sebelum rasa nyeri muncul adalah perut kembung. Kondisi ini seperti Anda minum terlalu banyak air dan merasa kekenyangan. Bedanya perut kembung karena lambung luka adalah disertai rasa nyeri pada ulu hati.
  2. Gangguan pencernaan
    Gejala tukak lambung lainnya adalah Anda akan mengalami gangguan saluran pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena luka pada lambung tidak segera ditangani sehinga mengganggu fungsi organ-organ lainnya, seperti usus. 

    Apabila Anda mengalami tukak lambung disertai diare itu adalah tanda bahwa Anda mengalami gangguan pencernaan akibat lambung luka.
  3. Mual
    Lambung luka menyebabkan rasa mual yang hebat. Sayangnya gejala ini kerap disalahpahami sebagai tanda sakit masuk angin. Padahal mual bisa terjadi akibat asam pada lambung mengalami kenaikan hingga ke kerongkongan.
  4. Sakit perut
    Gejala-gejala di atas sering diiringi dengan rasa sakit perut atau nyeri pada ulu hati. Keluhan ini bisa terjadi akibat iritasi asam lambung yang membasahi bagian terluka. 

    Apabila Anda merasakan ini segeralah konsumsi makanan yang meredakan tukak lambung, seperti makan bubur atau minum obat maag. Imbangi dengan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk mencegah kenaikan asam lambung.
  5. Nafsu makan turun
    Apabila Anda merasakan nyeri pada perut disertai dengan nafsu makan turun bisa jadi pertanda lambung luka atau asam lambung yang naik. Kondisi ini bisa terjadi akibat gejala seperti mual, muntah, dan perut kembung yang memicu hilangnya nafsu makan.

    Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa atasi ini dengan konsumsi sereal umbi garut Nutriflakes atau minum obat maag.

Penyebab lambung luka

Disadur dari Honestdoc, lambung luka bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Infeksi bakteri helicobacter pylori
  • Gaya hidup buruk
  • Penggunaan obat tertentu
  • Penyakit langka

Untuk memastikan faktor penyebab lambung luka, sebaiknya Anda konsultasikan diri pada dokter. Sebab, tiap penyebab memiliki cara pengobatan yang berbeda.

Mengatasi lambung luka

Cara mengatasi lambung luka atau tukak lambung tidak berbeda jauh dengan pengobatan maag. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih intensif tergantung keparahan kondisi lambung.

Hindari makanan pedas atau kecut. Sebab dua jenis makanan ini bisa menyebabkan luka pada lambung yang semakin parah. Hindari juga penggunaan obat-obatan yang menyebabkan lambung semakin sakit. 

Untuk mencegah tukak lambung atau asam lambung naik, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Imbangi juga dengan konsumsi sereal umbi garut Nutriflakes s mebagai pengganti makanan berat.

Nutriflakes

Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang terbuat dari pati umbi garut berfungsi sebagai pereda asam lambung dan menyembuhkan lambung luka. Rutin mengonsumsi sereal ini dapat mencegah dari gejala asam lambung yang membuat tubuh tidak nyaman.

Untuk pemesanan Nutriflakes silahkan klik link WhatsApp di bawah ini.

(WhatsApp Nutriflakes)

Tinggalkan komentar

logo nutriflakes

Contact

Mantrijeron
Yogyakarta


Contact Us

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.